Internet VS WWW


Apakah anda tahu WWW itu apa? Kemudian apa itu internet? Menurut anda apakah WWW dan Internet adalah sama?

Pelan-pelan tapi pasti pertanyaan itu akan saya bahas disini. Nah mula-mula dari internet terlebih dahulu . Internet merupakan kepanjangan dari interconnected network jadi bisa dikatakan internet merupakan kumpulan komputer yang terhubung menjadi satu sehingga setiap komputer dapat bertukar data. Bisa dibilang fungsi Internet disini merupakan media fisik untuk komputer saling berhubungan.

WEB atau WWW (world wide web) merupakan kumpulan teks, gambar, video, suara dan lain-lain. Didalam web  memuat informasi yang tak terbatas yang ditampung dalam bentuk file html.
Jadi dari penjelasan diatas bisa digambarkan Internet dengan WWW seperti sebuah rel yang dilintasi oleh kereta api, dimana internet diibaratkan sebagai rel kereta yakni, media fisik untuk menampung WWW. Sedangkan WWW sebagai keretanya.

Jika anda masih bingung mengenai ketidaksamaan antara WWW dengan Internet, berikut saya berikan perbedaannya :
1.       Jika WWW berkomunikasi menggunakan http:// sebagai protokolnya maka internet menggunakan TCP/IP untuk mengkomunikasikannya.
2.       Untuk menghubungkan informasi yang satu dengan yang lain internet menggunakan kabel maka lain halnya dengan Web/WWW. Web menggunakan link/hyperlink untuk menghubungkan web yang satu dengan yang lainnya.

Meskipun tidak sama namun Internet dan WWW merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dan hal itulah yang banyak membuat orang salah persepsi menyebut bahwa internet = WWW.

Romi IT Boy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts this week