hardware


Komponen Hardware

Sebelum merakit sebuah  komputer, seorang teknisi harus mengetahui nama – nama dan fungsi dari setiap komponen hardware yang akan dirakitnya. Setelah itu baru menentukan spesifikasi komputer yang akan dirakit.
Kini saya akan menjelaskan sedikit tentang pengenalan hardware komputer. Seperti penjelasan yang saya sampaikan pada halaman sebelumnya , hardware komputer terdiri atas empat device ( Input, output, Process, dan media penyimpanan).

-          Pertama Input Device ( Alat Input )
Input Device / unit masukan adalah alat untuk memasukkan program maupun data yang nantinya akan diproses oleh process device ( alat pemrosesan )
Contoh alat input :
1.      Keyboard
Keyboard berfungsi untuk mengetik / memasukkan huruf, angka , simbol tertentu ke perangkat lunak atau Sistem Operasi yang dijalankan oleh komputer.
Jenis keyboard bisa dibedakan berdasarkan tata letak yakni :
·          QWERTY
·         DVORAK
·         KLOCKENBERG           
Jenis Keyboard berdasarkan konektornya, antara lain :
·         Keyboard Serial
·         Keyboard PS/2
·         Keyboard USB
·         Keyboard wireless

2.      Mouse
Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjukkan perintah, atau program pada layar monitor.
Jenis Mouse dapat dibedakan berdasarkan konektornya, antara lain :
·         Mouse Serial
·         Mouse PS/2
·         Mouse USB
·         Mouse Wireless

3.      Scanner
Scanner adalah alat untuk mengkonversi gambar manual menjadi gambar digital, berupa data digital.

4.      Camera / Webcam
Camera berukuran kecil yang dihubungkan ke komputer, yang dapat merekam gambar dan dapat digunakan sebagai video chat.

5.      Joystick
Joystick adalah alat input komputer  yang digunakan untuk mempermudah user dalam bermain game. Bentuk joystick bermacam – macam dan dapat disesuaikan dengan game yang dimainkan.

6.      Microphone
Microphone adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghantarkan getaran suara ke outspeaker.

-          Kedua Process Device ( Alat Pemrosesan )
Sesuai dengan namanya Proccess Device merupakan komponen hardware yang berfungsi untuk melakukan pemrosesan. Contoh Process Device, antara lain :
1.      Motherboard
Motherboard merupakan perangkat utama yang berfungsi sebagai tempat memasang komponen internal sebuah komputer, seperti Prosesor, heatsink, Memory, LAN Card, VGA Card, dan lain - lain. Motherboard menghubungkan dan mengaktifkan semua komponen komputer sehingga dapat bekerja secara optimal.    
2.      CPU ( Central Processing Unit )
CPU maupun prosesor dapat dikatan otak dari komputer, Karena prosesor berfungsi untuk mengatur seluruh pekerjaan yang dilakukan oleh sebuah komputer. Kecepatan dan kapasitas cache pada prosesor dapat mempengaruhi kinerja dari sebuah komputer. 
3.      Memory
Memory adalah alat yang berfungsi mengolah dan menyimpan data sementara selama komputer dihidupkan. Semakin besar kapasitas memory yang terpasang maka semakin banyak data yang dapat diproses.

-          Ketiga Output Device ( Alat Output)
Output Device adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh CPU, dan data tersebut dapat berupa teks, gambar, maupun suara. Jenis Output Device, antara lain :
1.      Monitor
Monitor adalah alat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari suatu proses baik dalam bentuk data, teks maupun grafis.
Jenis Monitor antara lain :
·         Monitor CRT ( Catoda Ray Tube)
·         Monitor LCD ( Liquid Crystal Display )
·         Monitor TFT ( Thin Film Transistor )
2.      Printer
Printer adalah alat yang berfungsi untuk mencetak data pada komputer, baik berupa teks maupun gambar. Berdasarkan jenis tintanya printer dapat dibedakan menjadi tiga,yakni :
·         Printer Dot Matrix
·         Printer Ink Jet
·         Printer Laser Jet
3.      Speaker
Speaker merupakan perangkat eksternal yang digunakan untuk mendengarkan output suara yang dihasilkan oleh sebuah komputer atau perangkat multimedia.

-          Keempat Backing Storage ( Media Penyimpanan )
Backing Storage merupakan komponen hardware yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan data. Jenis Backing storage, antara lain :
1.      Hard disk
Hard disk merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dengan kapasitas yang besar antara lain 250 GB, 500 GB. Jenis Hard disk antara lain :
·         Hard disk IDE / ATA
·         Hard disk SATA ( Serial ATA )
·         Hard disk SCSI
2.      Flash disk
Flash disk juga merupakan alat penyimpanan data namun kapasitasnya lebih kecil dari pada hard disk. Ukuran daya tampung flash disk antara lain 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB.
3.      CD Blank
Perangkat optik yang dapat menyimpan data hanya sebesar 600 MB. Dan hanya sekali pakai.
4.      DVD Blank
Perangkat optik yang dapat menyimpan data sebesar 4 GB dan dapat dibaca menggunakan DVD-ROM.

Romi IT Boy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts