LAN


 
Sebelum kita membuat sebuah jaringan local kita harus memperhatikan hardware dan komponen – komponen apa saja yang akan dibutuhkan sebagai contoh pada skema diatas diperlukan alat dan bahan seperti :
Sebuah Modem sebagai sumber koneksi Internet
2 buah PC sebagai Router dan Server
1 buah Switch sebagai pembagi akses Internet
3 buah komputer client
1 buah Access point
2 buah Laptop
Kemudian DVD Debian 6 sebagai router dan server dan juga DVD windows Seven sebagai client lengkap dengan Drivernya.
LAN ( Local Area Network ) biasanya diterapkan pada perkantoran, villa, hotel, dan yang paling sering kita jumpai seperti di warnet – warnet. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelasan sedikit tentang skema LAN.
Pertama koneksi berasal dari sebuah modem ADSL, kemudian dari Modem, koneksi Internet kita sambungkan ke sebuah PC yang difungsikan sebagai sebuah router, tentunya cara penghubungannya menggunakan kabel UTP ( kabel Cross ). Router disini berfungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan IP – IP yang berbeda seperti kelas A dan kelas C.
Setelah Router terinstal langkah selanjutnya adalah mensetting IP eth0 dengan 10.10.10.2/24 dengan gateway 10.10.10.1/24 dan tidak lupa dengan DNSnya. Kemudian eth1 dengan 192.168.1.1./29 dan gatewaynya ke eth0 router tersebut yakni 10.10.10.2/24. Setelah itu konfigurasi routernya.
Kemudian install dan konfigurasi server, seperti Proxy, DNS Server, Mail server, Web server. Berikan IP berdasarkan skema diatas. Setelah itu hubungkan eth1 ke Switch, switch disini berfungsi sebagai pembagi koneksi maksudnya agar semua PC atau alat lainnya dapat terhubung ke internet dan dapat menerima pelayanan dari server yang telah dibuat.
Hubungkan Switch tadi ke masing – masing komputer dengan menggunakan kabel UTP ( tipe straight) dengan settingan IP seperti diatas. Kemudian jika ingin menggunakan koneksi via Nirkabel ( tanpa kabel ) atau WIFI tinggal hubungkan Access Point ke swith. Namun sebelumnya Access Point tersebut harus dikonfigurasi dengan mode Access Point dan setting menggunakan DHCP. Mengapa menggunakan DHCP..? DHCP berfungsi memberikan IP Address kepada client yang ingin terhubung dengan Access Point, tentunya IP Addressnya sesuai dengan jumlah arrange IP yang telah ditentukan.
Sekian….

Romi IT Boy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts this week