Membuat router di Debian


Membuat Router di Linux Debian

Sebelum membuat sebuah router PC, sebaiknya anda telah mengetahui fungsi dan pengertian router PC tersebut. Teori tersebut nantinya akan mempermudah anda  dalam mengartikan script – script yang digunakan dalam  mengkonfigurasi sebuah router PC tersebut.
Berikut merupakan cara yang sangat sederhana untuk membuat sebuah router PC, namun sebelumnya pada komputer yang akan disetting sebagai router harus memiliki minimal 2 interface card ( LAN Card ). Yang mana eth0 disambungakn dengan sumber koneksi Internet, bisa dari switch ataupun langsung dari modem. Kemudian eth1 disambungkan ke komputer client.

Langkah – langkahnya sebagai berikut :
1.    Masuk ke terminal linux sebagai Super User, kemudian buat sebuah file yang akan menampung konfigurasi router anda, sebagai contoh disini saya akan membuat sebuah file yang bernama share.sh perintahnya sebagai berikut
nano  share.sh

2.       Kemudian ketik script – script dibawah ini kedalam file tersebut
iptables  -F
iptables  -P  FORWARD ACCEPT
iptables  -t nat  -A POSTROUTING  -o eth0  -j MASQUERADE
echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward


Kemudian save!

3.       Setelah itu ketikkan perintah
Chmod a+x share.sh

4.       Dan langkah akhir, restart router tersebut dengan mengetik
./share.sh

Romi IT Boy

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts this week